Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Posted by

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Saat seorang wanita telah mencapai usia yang matang, sudah hal wajib bagi mereka untuk menjaga kesehatan alat reproduksi mereka. Kenapa? karena saat usia wanita sudah matang, mereka akan mudah sekali terkena penyakit, terutama penyakit yang menyerang alat reproduksi mereka. Naha maka dari itu, sedari remaja, seorang wanita sudah dianjurkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan alat reproduksi.

indexLalu, bagaimana cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita yang baik dan benar? Perlu Anda ketahui, saat menjaga kesehatan reproduksi, seorang wanita harus memperhatikan beberapa hal yaitu kesehatan alat reproduksi itu sendiri juga kebersihan dari alat reproduksi. Sedangkan cara-cara untuk menjaga dan merewat alat reproduksi seorang wanita, bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:

  1. Senantiasa membersihkan alat kelamin setelah selesai buang air kecil maupun besar. Sedangkan untuk memaksimalkan pembersihan, Anda harus menggunakan air yang bersih dan cukup.
  2. Sebaiknya gunakan pakaian dalam yaang berbahan katun untuk enak dikenakan. Pasalnya, bahan seperti akan mudah menyerap getah dan keringat pada alat kelamin. Selain itu, hindari penggunaan pakaian dalam yang ketat, kenapa? karena hal tersebut tidak baik untuk kesehatan reproduksi wanita.
  3. Cara menjaga kesehatan alat kelamin wanita berikutnya adalah dengan mencukur bulu kelamin secara berkala. Pasalnya, bulu atau rambut halus tersebut akan membawa bakteri dan kutu. Nah jika sudah ada bakteri atau kutu di sekitar alat kelaminnya, maka bisa jadi seorang wanita akan merasa tidak nyaman dan gatal.
  4. Gantilah pembalut 2 kali sehari saat haid. Hal ini untuk memastikan mencegah pertumbuhan kuman yang berkembang dari kondisi ini.
  5. Basuhlah daerah vulva (bibir kelamin wanita) dengan air bersih dan sabun mild setelah buang air kecil.
  6. Jagalah kelembaban dan kebersihan alat kelamin.
  7. Hindari obat kebersihan alat reproduksi yang menggunakan bahan kimia. Pasalnya, obat ini akan berbahaya, terutama bagi kesehatan alat reproduksi. Untuk itu, cobalah gunakan obat pembersihan yang berbahan alami dan herbal.

Perlu Anda ketahui, cara menjaga kesehatan alat reproduksi perempuan seperti yang tercantum di atas bukanlah tanpa tujuan. Semua cara-cara di atas memiliki tujuan yang baik untuk kesehatan alat reproduksi wanita. Nah adapun tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga agar Ph vagina tetap stabil yaitu sekitar 3,5 sampai 4,5.
  2. Mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, kumah, dan protozoa di sekitar alat kelamin.
  3. Mencegah timbulnya keputihan.
  4. Menghalau virus yang bisa saja menyerang alat kelamin.
  5. Menjaga agar alat reproduksi wanita tetap sehat serta terhindar dari penyakit, virus, dan bakteri.

Nah selain menjaga kebersihan alat reproduksi wanita dengan cara konvensional, Anda juga harus memperhatikan pembersihan dengan menggunakan alat pembersih. Perlu Anda ketahui, dalam menggunakan obat pembersih, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  1. Hindari penggunaan sabun sirih dalam waktu lama

Sebaiknya hindari penggunaan sabun sirih secara berlebihan. Pasalnya, hal ini akan mengganggu sususan ekosistem yang ada.

  1. Hindari penggunaan pembersih kewanitaan yang mengandung providone iodine

Bahan ini adalah salah satu bahan yang akan menyebabkan reaksi dermatitis. Jadi saat Anda menggunakan pembersih kewanitaan dengan bahan ini, maka Anda akan merasa gatal pada bagian kewanitaan Anda. Selain itu, jika digunakan dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan iritasi pada bagian kewanitaan.

Cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita seperti di atas bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah selain menjaga dan merawat organ kewanitaan, Anda juga harus rajin untuk memeriksakan kondisi abnormal yang terjadi pada organ kewanitaan tersebut. Ingat, jangan ragu untuk melakukan hal ini. Kenapa? karena hal ini untuk menghindari penyakit yang bisa saja menyerang organ kewanitaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *