Gejala Penyakit Kista Pada Perempuan

Posted by

Gejala Penyakit Kista Pada Perempuan

Penyakit kista pada perempuan biasanya berbentuk benjolan yang berada pada indung telur wanita. Menurut dokter, penyakit ini adalah salah satu dari jenis tumor jinak. Dengan demikian, penyakit ini bisa diatasi tanpa harus melakukan operasi besar. Tapi tahukah Anda, kista ini tidak hanya menyerang organ kewanitaan saja, melainkan juga bisa mengganggu organ lain dalam tubuh seperti paru-paru dan organ lainnya. Akan tetapi, kasus yang paling sering terjadi adalah kista pada organ kewanitaan wanita.

imagesSedangkan organ kewanitaan yang paling sering mengalami kista sendiri adalah ovarium. Lalu, bagaimana sebuah kista ini terjadi pada organ kewanitaan ini? lalu, apa penyebab dan gejala yang akan dirasakan oleh penderitaanya? Nah untuk lebih jelasnya, mari kita simak materi berikut ini.

Penyebab Kista Pada Organ Kewanitaan

Tahukah Anda apa penyebab penyakit kista pada perempuan? Dan bagaimana kista ini timbul? Umumnya sebuah kista itu terjadi karena sebab-sebab berikut ini:

  1. Karena faktor genetik dan keturunan.
  2. Faktor stres yang berlebihan.
  3. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak dan minim serat.
  4. Mengkonsumsi alkohol dan rokok.
  5. Kurangnya olah raga dan konsumsi makanan yang bergizi.

Sedangkan untuk proses terjadinya sendiri, kista umumnya terjadi apabila saat menstruasi folikel tidak berhasil pecah dan mengeluarkan sel telur di dalamnya. Nah hal inilah yang umum terjadi pada penderita kista.

Gejala yang Timbul Pada Penderita Kista

Saat sebuah penyakit menyerang, umumnya tubuh akan memberikan sinyal.Umumnya, sinyal tersebut adalah gejala-gejala yang timbul pada tubuh penderita. Nah begitu pun dengan kista. Penyakit ini juga memiliki gejala yang bisa Anda lihat dengan mudah. Adapun gejala penyakit kista pada perempuan adalah sebagai berikut:

  1. Valume darah menstruasi yang tidak wajar

Umumnya, seseorang yang mengalami menstruasi pasti mengelurkan darah dengan volume tertentu, dan biasanya sama. Akan tetapi, mereka yang mederita kista, umumnya mengeluarkan darah dengan volume yang tidak wajar. Terkadang mereka mengeluarkan darah dengan volume yang banyak, tapi terkadang mereka juga mengeluarkan darah dengan volume yang sangat sedikit

2. Gejala fisik yang terlihat pada tubuh

Biasanya seseorang yang menderita penyakit ini akan memiliki perut yang sedikit membengkak. Nah jika sudah seperti ini, umumnya kista yang ada pada rahim perempuan sudah membesar dan parah. Bahkan bisa jadi sudah menjadi tumor yang berbahaya, dan pastinya dapat menyerang organ lain.

         3. Rasa sakit pada bagian perut

Gejala kista pada perempuan yang paling umum terjadi adalah rasa sakit dan pada bagian perut penderita. Umumnya, seorang penderita kista akan merasakan sakit pada bagian perut, lebih tepatnya pada perut bagian bawah.

          4.Siklus menstruasi yang berubah-ubah

Saat seseorang menderita kista, Ia akan memiliki jadwal menstruasi yang abnormal. Artinya,orang tersebut akan menjalani menstruasi dengan waktu dan jadwal yang berubah-ubah.

Nah gejala-gejala di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi atau sinyal bahaya. Pasalnya, dengan mengetahui gejala seperti di atas, Anda diharapkan berhati-hati dan waspada. Sedangkan jika Anda sudah mengalami gejala penyakit penyakit kista pada perempuan seperti di atas, Anda bisa langsung menghubungi dokter terkait untuk dilakukan penanganan dengan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *