Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Posted by

Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan atau disebut juga fluor albus yang merupakan proses keluarnya cairan dari daerah kewanitaan. Keputihan sangat sering terjadi pada wanita hamil, hal ini disebabkan karena perubahan hormone ketika wanita hamil dan jiga meningkatnya proses sekresi pada daerah kewanitaan. Perubahan hromon menyebabkan tingkat keseimbangan asam pada daerah kewanitaan berubah sehingga memicu tumbuhnya jamur pada daerah kewanitaan.

Keputihan yang normal pada wanita tidak pernah berbau dan tidak menimbulkan gatal. Keputihan yang tidak normal adalah keputihan yang disertai rasa gatal, nyeri, panas dan kemerahan bahkan sampai munculnya rasa sakit ketika buang air kecil. Pada wanita hamil, jika keputihan tidak normal itu terus menerus terjadi akan menyebabkan tertularnya bayi yang dikandung. Ketika bayi lahir, akan menular kepada ibu yang sedang menyusui sehingga terjadi peradangan pusing susu dan payudara atau mastitis.

Penyebab-Keputihan-pada-wanita-hamil-obat-keputihan

Keputihan yang terjadi pada masa kehamilan biasanya terjadi ketika usia kehamilan masih sangat muda dan tidak mempunyai gejala pasti atau hampir mirip dengan keputihan yang lain. Penyebab paling umum dari keputihan yang terjadi adalah masalah kebersihan area kewanitaan. Jika keputihan bersifat patologis atau tidak normal, cairan yang keluar dari daerah kewanitaan akan menimbulkan rasa gatal dengan bau dan nyeri ketika buang air kecil. Ditambah lagi warna cairan yang keluar dari daerah kewanitaan berwarna kuning sampai hijau.

Jika keputihan patogen terus menerus terjadi dan dibiarkan dapat berakibat fatal dan membahayakan kehamilan. Keputihan akibat bakteri dapat menyebabkan bayi akan lahir secara premature dan juga ketuban pecah jauh sebelum waktu melahirkan yang ditafsirkan.

Ada bermacam – macam jenis keputihan yang dialami ketika hamil muda, berikut diulas jenis dan cara mengatasi keputihan saat hamil.

Keputihan Trikomoniasis yang merupakan jenis keputihan karena protozoa atau bakteri Trichonomas Vaginalis. Penularan terjadi lewat hubungan badan dengan tanda – tanda panas dan gatal pada daerah kewanitaan, pendarahan setelah berhubungan suami istri dan cairan berwarna kuning kehijauan.

Keputihan Kandidosis Vulvovaginal merupakan keputihan dikarenakan jamur Candida Albicans yang berlebihan. Keputihan ini biasanya disebabkan karena penyakit diabetes, konsumsi antibiotic dan kurangnya kebersihan daerah kewanitaan. Tanda – tanda keputihan ini adalah keluarnya cairan berbau menyengat, rasa gatal yang tidak tertahankan dan rasa sakit ketika buang air kecil maupun ketika berhubungan badan. Jika tidak segera diatasi akan menyebabkan kelahiran premature dengan berat badan bayi yang rendah.

Terakhir adalah keputihan Vaginosis Bakterialis yang disebabkan oleh perubahan jumlah laktobasilus yang terus berkurang. Tanda – tandanya adalah daerah kewanitaan berbau, gatal dan dapat mengakibatkan kelahiran premature.

Setelah mengetahui jenis – jenis keputihan ketika hamil, cara pencegahan dan mengobatinya adalah dengan cara membasuh daerah kewanitaan dengan air bersih dari arah depan kebelakang, gunakan panty liner seperlunya karena dapat memperburuk keputihan, gunakan sabun pembersih yang dapat menjaga tingkat keasaman daerah kewanitaan dan jangan menggunakan pakaian ketat.

Sekian Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil yang kami rangkum, semoga keputihan ibu – ibu muda dapat dideteksi dan diatasi lebih lanjut demi kesehatan sang janin. Semoga info dari kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *