Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya

Posted by

Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya

Anda Serius Ingin ingin Mengencangkan dan Membesarkan Payudara?
Kami Punya Lulur Payudara Alami info Lengkap Klik Disini
 

Keputihan adalah salah satu masalah klasik bagi seorang wanita. Pasalnya, penyakit ini sering sekali muncul dan dialami oleh banyak wanita, terutama wanita yang sedang hamil. Kenapa? karena wanita yang sedang hamil umumnya akan sering berubah hormonya, jadi sangat mungkin mengalami penyakit ini. Penyebab keputihan sendiri beragam, dari mulai kebiasaan sampai perawatan dan makanan yang salah.

keputihanSecara umum, keputihan ini terbaik menjadi 2 jenis, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Sedangkan untuk keterangannya sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Keputihan Fisiologis

Keputihan ini sangat umum terjadi setiap bulan pada wanita, terutama saat mereka mengalami menstruasi. Keputihan ini tidak berbahaya, dan pastinya tidak membawa efek buruk bagi kesehatan.

      2. Keputihan Patologis

Keputihan ini adalah keputihan yang abnormal. Pasalnya, keputihan seperti ini diakibatkan karena adanya infeksi pada daerah kewanitaan.

Lalu, apakah penyebab keputihan dan cara mencegahnya seperti apa? Perlu Anda ketahui, ada banyak sekali penyebab keputihan, begitu pun dengan pencegahannya.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Pada umumnya, penyebab keputihan adalah dari bakteri, parasit, atau pun virus yang berkembang dalam organ kewanitaan. Nah adapun bakteri, virus, dan parasit tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Jamur Candidas dan Monilia

Jamur ini akan menyebabkan gatal pada alat kelamin wanita. Tidak hanya itu, jamur ini juga menyebabkan keluarnya cairan yang berwarna putih susu, kental, sedikit keras, dan berbau dari organ kewanitaan. Penyebab timbulnya jamur ini sendiri adalah karena kehamilan, pil KB, penyakit diabetes, dan karena penurunan daya tahan tubuh.

      2. Parasit Trichomonas Vaginalis

Parasit ini menyebabkan cairan keputihan menjadi kental, sedikit berbuih, berwarna kekuning-kuningan, dan bau anyir yang menyengat. Umumnya parasit ini diakibatkan karena hubungan badan, perlengkapan mandi yang salah, dan karena bibir kloset yang kotor dan tercemar parasit ini.

       3. Bakteri Gardnella

Bakteri yang menyebabkan keputihan ini mengakibatkan wanita merasa gatal dan tidak nyaman, terutama pada bagian kelamin mereka. Selain itu, saat terjadi keputihan, cairan akan berbau amis, berwarna abu-abu, dan sedikit berbuih.

        4. Virus

Jika virus yang mengakibatkan penyakit ini, maka penyebabnya sendiri biasanya karena penyakit kelamin seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS.

Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita

Sebenarnya penyakit ini bisa diatasi, hanya saja lebih mencegah dari pada mengobati bukan? nah untuk sebaiknya lakukanlah tindakan pencegahan penyakit ini, sebelum penyakit ini menjangkiti Anda. Lalu, bagaimana cara penyegahan penyakit ini? pencegahannya sendiri banyak, adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan organ intim

Cara mencegah keputihan pada wanita bisa Anda lakukan dengan menjaga kebersihan organ intim Anda. Nah dengan cara ini, bakteri maupun jamur akan sulit berkembang. Anda bisa menggunakan sabun khusus organ kewanitaan untuk membersihkan organ intim Anda. Tapi ingat, pastikan Ph dari sabun tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Gunaan celana dalam yang tepat

Sebaiknya gunakanlah celana dalam dengan baan katun yang nyaman dan enak dipakai.Tidak hanya itu, Anda pun harus menggunakan celana luar yang berpori. Kenapa? karena celana tersebut berguna untuk mengatur sirkulasi udara pada sekitar organ intim Anda.

  • Lakukan kebiasanya yang baik

Untuk menghindari keputihan pada wanita, Anda bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan berguna untuk mencegah penyakit ini. Nah adapun kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Gantilah pembalut secara saat menstruasi.
  2. Biasakan untuk menjaga kelembaban organ kewanitaan Anda.
  3. Jika Anda stres, sebaiknya istirahatlah. Pasalnya, stres dapat menimbulkan resiko timbulnya keputihan pada wanita.
  4. Hindari pengguaan bedak untuk mengharumkan organ kewanitaan.

Nah itulah penyebab timbulnya keputihan dan cara mencegah keputihan. Tapi ingat, jika keputihan sudah parah, maka Anda harus segera menghubungi dokter. Kenapa? karena hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit lain dan menggnaggu kesehatan Anda.

Anda Serius Ingin ingin Mengencangkan dan Membesarkan Payudara?
Kami Punya Lulur Payudara Alami info Lengkap Klik Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *